10 Film Superhero Ini Siap Menggebrak Tahun 2018

Galuh Mustika View: 110

Setelah kehebohan Batman v Superman dan konflik Captain America vs Iron Man, animo terhadap film superhero belum juga surut di tahun 2017. Hal itu terbukti dari tingginya antusiasme para penggemar film untuk Wonder Woman dan Guardians of the Guardians Vol. 2 yang masuk dalam daftar 3 besar film terlaris 2017.

Trend itu rupanya belum akan reda di tahun depan, karena baik Marvel, Warner Bros., maupun Fox sudah menjadwalkan rilis film-film superhero yang tak kalah heboh. Apa sajakah itu?


1. Black Panther (16 Februari)

Setelah sukses debut di Captain America: Civil War, Black Panther siap meramaikan awal tahun 2017 dengan deretan bintang yang tak kalah impresif dari film-film Marvel sebelumnya. Selain Chadwick Boseman yang mengemban tugas sebagai aktor utama, Black Panther diramaikan oleh Lupita Nyong'o (12 Years a Slave), Michael B. Jordan (Creed), Daniel Kaluuya (Get Out), Martin Freeman (seri Sherlock Holmes dan The Hobbit), hingga Andy Serkis (trilogi The Lord of the Rings).


Mengungkap sisi misterius Wakanda yang sempat disebut di Civil War, Black Panther akan menampilkan aksi T'challa dalam melindungi negerinya dari serangan asing dan pemberontakan internal yang mengancam keutuhan kerajaannya.


2. The New Mutants (13 April)

Dikonsep sebagai film spin-off X-Men, The New Mutants mengagetkan banyak pihak dengan kemunculan trailer pertamanya yang bernuansa horor. Daripada berfokus pada sisi heroik yang banyak ditemui di film superhero pada umumnya, The New Mutants tampak lebih mengeksplor perjuangan mutan-mutan remaja yang berusaha meloloskan diri dari sebuah fasilitas misterius.


Bagi pengikut setia X-Men, pemilihan tema horor untuk The New Mutants agaknya tak terlalu mengejutkan. Mengapa? Karakter-karakter mutan yang dipilih di film ini memang berhubungan dengan elemen supranatural. Ada Magik yang kekuatan teleportasinya terkait dengan dunia magis, Wolfsbane si manusia serigala, dan Mirage yang mutasinya dipicu oleh sebuah "penglihatan" ajaib. Untuk memerankan tokoh-tokoh tersebut, Fox memilih Anya Taylor-Joy yang melesat lewat film horor The Witch dan Split, serta Maisie Williams si pemeran Sansa Stark di Game of Thrones.


3. Avengers: Infinity War (4 Mei)

Tak dapat dipungkiri, Avengers: Infinity War adalah film superhero paling ditunggu-tunggu di tahun 2018. Rangkaian teka-teki tentang sosok Thanos yang tersebar di semua film Marvel sebelum ini akan terjawab di Infinity War.


Untuk menghadapi Thanos, Avengers yang sempat terpecah belah akibat konflik Civil War harus kembali bersatu. Belum lagi, Thor masih harus mengatasi berbagai rintangan dalam perjalanannya menuju bumi, termasuk meyakinkan para Guardians untuk bergabung dengan Avengers. Apapun kisah seru yang akan dibawakan nantinya, yang jelas Avengers: Infinity War tidak hanya menampilkan gabungan kekuatan tim Iron Man dan tim Captain America saja. Kelompok mereka bakal diperkuat oleh Doctor Strange, Guardians of the Galaxy, dan Black Panther.

4. Deadpool 2 (1 Juni)

Sukses dengan formula anti-mainstream, Deadpool akan melanjutkan kisahnya di Deadpool 2. Tidak hanya mengunggulkan karakter Deadpool yang selalu tak terduga, film sekuel ini bakal memperkenalkan Cable dan Domino. Menurut isu yang beredar, Fox sudah mempersiapkan sinema spin-off untuk dua karakter populer dari komik X-Men tersebut.


Produksi film Deadpool 2 sudah dimulai sejak awal tahun 2017 dan selalu diwarnai skandal. Mulai dari kepergian Tim Miller yang bentrok dengan Ryan Reynolds hingga kematian seorang aktris pengganti di lokasi syuting, media perfilman nyaris selalu disibukkan oleh kabar terhangat seputar Deadpool 2. Terlepas dari masalah tersebut, antisipasi terhadap film ini masih tinggi untuk seukuran film solo superhero yang berating dewasa. Wajar saja, film pertama Deadpool meraup kesuksesan tak terduga dan menjadi film terlaris di jagad X-Men. Kualitasnya pun mendapat acungan jempol dari para pakar maupun audience, dan melenggangkan Deadpool ke nominasi Golden Globe Awards di tahun 2017.


5. The Incredibles 2 (15 Juni)

Di tengah sengitnya persaingan Avengers dan X-Men, muncul nama The Incredibles 2 yang tak kalah menjanjikan. Film animasi Pixar ini merupakan sekuel dari The Incredibles yang rilis tahun 2004. Berkisah tentang keluarga superhero yang menyembunyikan identitas mereka, The Incredibles menuai banyak pujian karena keberaniannya menggabungkan unsur heroik, suspense ala James Bond, hingga komedi keluarga dan pesan moral tentang kepercayaan diri. Puncaknya, film itu sukses mengumpulkan pendapatan sebesar 633 juta USD, serta menyabet dua Piala Oscar untuk kategori Best Animated Feature dan Best Sound Editing.


Walaupun berjarak 14 tahun dari film pertamanya, The Incredibles 2 tetap ditunggu-tunggu oleh para movigoers. Uniknya, tidak akan ada gap untuk latar waktu film ini dengan film pertamanya. Kisah The Incredibles 2 akan langsung melanjutkan The Incredibles, dan menceritakan petualangan Keluarga Parr yang baru saja mengetahui kekuatan super Jack-Jack si anak bungsu.


6. Ant-Man and the Wasp (6 Juli)

Meski dihantui beberapa kontroversi di masa produksi, film pertama Ant-Man meraih keberhasilan tak terduga. Karakter superhero kelas C tersebut tumbuh menjadi salah satu tokoh populer dalam regu Avengers (versi MCU), terutama setelah ia turut terlibat di Captain America: Civil War.

Rilis Ant Man and the Wasp 2018
Sekuel untuk film solo Ant-Man sendiri telah dikembangkan sejak rilis seri pertamanya di tahun 2015. Sesuai judulnya, Ant-Man and the Wasp tidak hanya mengungkap petualangan baru Ant-Man, tapi juga transformasi Hope van Dyne menjadi The Wasp, superhero wanita pertama yang diproyeksi sebagai tokoh utama di film MCU.


7. Venom (5 Oktober)

Venom adalah tokoh villain populer yang menjadi musuh Spider-Man. Pengembangan karakter yang belakangan menjadikannya sebagai antihero memancing ketertarikan Sony untuk membuat film solonya. Meski direncanakan rilis setelah Spider-Man: Homecoming, film Venom tidak akan terkait dengan sinema MCU tersebut.

Rilis Venom 2018
Dengan Ruben Fleishcer di kursi sutradara, para pengamat memperkirakan jika Venom akan menjadi Deadpool versi Spider-Man Universe. Hal itu karena sang sutradara dikenal sukses mengarahkan Zombieland (2009) yang mengkombinasikan unsur komedi dan kekerasan. Bintang yang dipilih Sony untuk memerankan Venom adalah Tom Hardy, aktor berprestasi yang sebelum ini dikenal berkat performa ciamiknya di film-film terkenal seperti Inception (2010), The Dark Knight Rises (2012), Locke (2013), Mad Max: Fury Road (2015), The Revenant (2015), Dunkirk (2017), dan Star Wars: The Last Jedi (2017).


8. X-Men: Dark Phoenix (2 November)

Menyambung kisah X-Men: Apocalypse, film ini bakal menampilkan lika-liku petualangan tim baru X-Men dalam saga Dark Phoenix. Plot cerita tersebut merupakan entry legendaris dalam sejarah komik X-Men yang pernah diadaptasi dan gagal dimaksimalkan di film X-Men: The Last Stand. Dengan kata lain, X-Men: Dark Phoenix menjadi percobaan kedua Fox yang layak ditunggu-tunggu.

Rilis X-Men Dark Phoenix 2018
Karena berkesinambungan dengan seri X-Men pasca seri First Class, film ini bakal menampilkan James McAvoy, Michael Fassbender, Jennifer Lawrence, dan Sophie Turner si pemeran Jean Grey yang memiliki kekuatan dahsyat Phoenix. Selain deretan bintang tersebut, seri film X-Men ke-13 ini juga diramaikan oleh Jessica Chastain.


9. Spider-Man: Into the Spider-Verse (14 Desember)

Dengan kesuksesan Spider-Man: Homecoming, langkah Sony untuk memproduksi satu lagi film animasi Spider-Man di tahun berikutnya mungkin terkesan tak masuk akal. Namun jika melihat protes fans yang sejak dulu menginginkan aksi Miles Morales di layar lebar, tindakan ini sebenarnya wajar-wajar saja.

Perlu diketahui, Miles Morales adalah karakter baru yang muncul sebagai Spider-Man setelah kematian Peter Parker di komik Marvel. Aksinya sebagai sang penembak jaring laba-laba rupanya sangat berkesan di kalangan fans, sehingga banyak di antara mereka yang kecewa saat Peter Parker terpilih sebagai Sang Spider-Man di Captain America: Civil War.

Untuk menepis kekecewaan tersebut, Sony kemudian merekrut Phil Lord dan Christopher Miller, dua sosok di balik kesuksesan 21 Jump Street serta The Lego Movie, untuk merangkai naskah film animasi Spider-Man. Dengan Shameik Moore di bangku pemain utama, Sony menjadwalkan rilis film animasi ini di akhir tahun 2018.


10. Aquaman (21 Desember)

Meski baru muncul di Justice League, sosok Aquaman diakui sangat mencuri perhatian dan menjadi salah satu bintang film tersebut. Selain Jason Momoa yang sudah pasti memerankan Aquaman, film ini dibintangi oleh Amber Heard, Nicole Kidman, dan Patrick Wilson.

Rilis Aquaman 2018
Di posisi sutradara, James Wan yang melahirkan tiga franchise horor terkenal (Saw, Insidious, The Conjuring) dan berpengalaman mengarahkan Furious 7 akan mengerahkan usaha terbaiknya untuk merangkai Aquaman menjadi tontonan yang solid. Menariknya, Aquaman adalah satu-satunya entry DCEU di tahun 2018. Dengan maraknya film-film MCU, Fox, dan Sony yang bakal bermunculan, Aquaman akan 'bertarung' sendirian untuk mewakili Warner Bros. dan DCEU yang sukses menelurkan Wonder Woman di tahun 2017.

 

Manakah film superhero 2018 pilihan Anda? Silahkan berbagi cerita di kolom komentar.

Galuh Mustika

Penggemar film Barat yang doyan nonton segala genre, terutama petualangan dan fantasi. Pengagum karya-karya David Fincher, Christopher Nolan, Guillermo Del Toro, Steven Spielberg, dan Bong Joon-ho. Secara tak terduga juga suka perhatian sama drama dan film Korea. Hasilnya? Still try finding the best of both worlds.

Lihat profil selengkapnya






Artikel Lain
Review Film




Berita Popular




Review Pembaca
June menulis "Season 2 Stranger Things benar2 di luar ekspektasi, and boy what a good surprise it is.Bukannya menurun seperti TV Series kebanyakan, Stranger Things Season 2 malah berkembang dengan kualitas yg lebih bagus dr Season 1."
Di Review Film Stranger Things Season 2 >>
Amidah Budi menulis "puas banget nonton thor: Ragnarok ini, hehe. plot yang agak beda dari yang sebelumnya membuat plot-nya terasa fresh. Cerita dan action yang seru serta karakter-karakter yang menarik membuatku nggak bosen nonton dari awal sampai akhir."
Di Review Film Thor: Ragnarok >>
Ahmad Zai menulis "Dari ulasan awal yg ramai di media sosial, banyak fans setia Thor malah khawatir jika Feige dan Waititi akhirnya mengubah karakternya dari pewaris tahta Asgard yang heroik dan graceful menjadi badut pelawak."
Di Review Film Thor: Ragnarok >>
Anna Muttaqien menulis "Sebenarnya, pertama kali tertarik nonton Fireworks, a.k.a. Uchiage Hanabi, itu karena tertarik pada soundtrack-nya yang asyik banget dan animasi yang cakep setelah lihat trailernya."
Di Review Film Fireworks: Should We See It From The Side Or The Bottom? >>