Siap-Siap, X-Men Dan Deadpool Bakal Ramaikan Avengers

Galuh Mustika View: 175

Keberhasilan Marvel Cinematic Universe (MCU) menggarap Avengers telah memulai tren film superhero dalam beberapa tahun terakhir. Selain Justice League yang beranggotakan superhero DC, Avengers juga bersaing dengan X-Men, gabungan superhero yang tak kalah populer di dunia perfilman. Namun menurut isu yang belakangan beredar, X-Men dan Avengers bisa bergabung dalam universe yang sama. Bagaimana mungkin?


Diskusi Fox Dan Disney

Penggemar komik superhero mungkin sudah paham betul, tapi banyak penonton film yang belum tahu jika X-Men dan Avengers sebenarnya sama-sama berasal dari Marvel. Di layar lebar, kedua tim superhero itu berada di universe yang berbeda karena lisensi X-Men tidak berada di tangan Studio Marvel yang memproduksi MCU, melainkan dipegang oleh Fox. Masih bingung? Coba simak artikel tentang Apa Yang Sebenarnya Terjadi Dalam Marvel Cinematic Universe untuk memahami situasi ini.

Keterbatasan itu banyak disayangkan para fans Marvel, terutama mereka yang begitu mengenal serunya kisah-kisah crossover antara X-Men dan Avengers. Setelah Disney berhasil 'membujuk' Sony untuk mengikutsertakan Spider-Man di MCU, banyak penggemar mulai berharap jika kerjasama tersebut bakal menular ke karakter-karakter Marvel yang dikuasai Fox, seperti X-Men, Deadpool, dan Fantastic 4. Sayangnya, peluang kolaborasi Fox dan Disney masih tertutup rapat hingga bertahun-tahun setelah kesepakatan Sony dan Disney.

Angin perubahan mulai berhembus di awal November ini, setelah Fox dikabarkan berniat melepas beberapa asetnya agar bisa berekspansi di luar area film dan TV. Hal itu tentu saja memancing minat berbagai rumah produksi raksasa, termasuk Disney yang sejak lama didesak fans Marvel untuk 'membawa pulang' X-Men dkk.

X-men gabung ke avengers
Sejauh ini, diskusi antara Fox dan Disney sudah berlangsung dalam beberapa sesi dan selalu dilakukan secara tertutup. Namun menurut salah satu insider yang terlibat dalam proses kesepakatan tersebut, diskusi Fox dan Disney sudah hampir mencapai tahap final. Jika semuanya berjalan lancar, maka pengembalian karakter Marvel tinggal menunggu waktu. Itu artinya, Studio Marvel bisa memasukkan X-Men, Deadpool, dan Fantastic 4 ke dalam film-film MCU, termasuk seri Avengers.

 

Dihadang Pro Kontra

Meski fenomenal, ide penggabungan dua tim superhero tersebut nyatanya masih menghadapi pro kontra. Banyak fans tak sabar menantikan datangnya momen kolaborasi itu, tapi tak sedikit pula yang pesimis akan keberhasilannya. Bayangkan saja, karakter X-Men yang sudah begitu banyak pasti akan lebih membingungkan jika dimasukkan ke Avengers.

Belum lagi, Avengers baru saja kedatangan anggota-anggota tambahan yang tak bisa dipandang sebelah mata. Spider-Man, Doctor Strange, dan Guardians of the Galaxy adalah beberapa contohnya. Jika tokoh-tokoh itu saja belum dimaksimalkan di Avengers: Infinity War, bukankah sangat berisiko untuk melibatkan X-Men yang sebenarnya telah nyaman di universe-nya sendiri? Di samping itu, kreator Deadpool telah mengisyaratkan keberatannya lewat posting instagram berikut:

 

A post shared by RobertLiefeld (@robliefeld) onNov 7, 2017 at 10:15am PST



Keengganan itu cukup wajar, mengingat jati diri Deadpool adalah film berating dewasa yang tak sungkan-sungkan menampilkan berbagai adegan sadis dan dialog vulgar. Jika Fox jadi menjual lisensinya ke Disney, maka konsep Deadpool bisa 'disesuaikan' dengan standard Disney yang dikenal ramah untuk semua umur dan kalangan. Akan jadi apa Deadpool jika ia mendadak 'jinak' dan bertingkah santun?

Deadpool gabung avengers
Walaupun mengkhawatirkan, prospek bergabungnya kembali para superhero Fox ke Studio Marvel masih mendapat dukungan dari berbagai pihak. Banyak penggemar ingin melihat duet Deadpool dan Spider-Man yang sebenarnya bersahabat dekat. Terlebih lagi, tiga film Fantastic 4 yang diproduksi Fox selalu gagal total, sehingga dorongan untuk mengembalikan karakter-karakter tersebut ke Studio Marvel semakin tinggi dari tahun ke tahun.

Kelompok fans tersebut percaya jika Kevin Feige, produser yang secara praktis memprakarsai MCU, bisa meramu gabungan tim X-Men dan Avengers dengan baik. Di tangan Feige, film-film MCU memang dianggap memuaskan baik di ranah kritik maupun Box Office. Sebagai catatan, dua film terburuk MCU adalah The Incredible Hulk (2008) dan Thor: The Dark World (2013) yang masih mampu meraup rating lebih dari 65% di Rotten Tomatoes, dan mengumpulkan pendapatan di atas 250 juta USD.

Bukan hanya fans, kru dan para pemain film dari kedua kubu telah beberapa kali mengekspresikan ketertarikan mereka akan ide kolaborasi X-Men dan Avengers. Kevin Feige pernah menyatakan ketersediaannya untuk melakukan crossover dengan X-Men. Hugh Jackman yang kini sudah pensiun memerankan Wolverine pun bersedia kembali hanya jika tokoh tersebut bergabung di Avengers.

Avengers Infinity War presscon
Apakah pertemuan Fox dan Disney akan berbuah kesepakatan atau tidak, tentu hasilnya belum bisa diketahui saat ini. Namun melihat perkembangan meyakinkan yang rutin diberitakan oleh media-media perfilman, besar kemungkinan bagi X-Men untuk kembali ke pangkuan Studio Marvel.

Sambil menunggu kepastian tersebut, fans X-Men dan Avengers akan dimanjakan oleh serangkaian film superhero yang sudah dijadwalkan rilis pada tahun 2018. Fox dan Marvel dipastikan all out karena bakal mengorbitkan proyek-proyek akbar seperti Avengers: Infinity War, X-Men: Dark Phoenix, dan si kuda hitam Deadpool 2.


UPDATE (15 Desember 2017)

Disney dan Fox sudah mencapai kesepakatan final. Atas perjanjian tersebut, Disney mendapatkan lisensi untuk X-Men, Deadpool, Fantastic 4, termasuk juga franchise Fox lain seperti Alien, Predator, Planet of the Apes, dan Avatar. CEO Disney, Bob Iger, sudah mengkonfirmasi jika X-Men dan Deadpool akan bergabung dalam MCU. Studio film tersebut juga sudah punya rencana untuk beberapa sekuel Deadpool dan pembuatan ulang Fantastic 4. Dalam acara konferensi pers yang digelar untuk mengumumkan kesepakatan bernilai 52.4 miliar USD ini, Iger telah mengisyaratkan keterbukaan Disney untuk membuat film berating Dewasa bagi Deadpool.

Galuh Mustika

Penggemar film Barat yang doyan nonton segala genre, terutama petualangan dan fantasi. Pengagum karya-karya David Fincher, Christopher Nolan, Guillermo Del Toro, Steven Spielberg, dan Bong Joon-ho. Secara tak terduga juga suka perhatian sama drama dan film Korea. Hasilnya? Still try finding the best of both worlds.

Lihat profil selengkapnya






Berita Lain
Review Film




Artikel Popular