Split (2016)

8/10 dari 1 reviewer
586 viewer

Tanggal Rilis Split: 26 September 2016 (Fantastic Fest), 20 Januari 2017 (Amerika Serikat)

Casey dan kedua temannya baru saja akan pulang ketika mereka diculik oleh sesosok pria misterius. Naas, lelaki penculik yang bernama Kevin itu ternyata bukanlah orang biasa. Ia mengidap suatu kelainan yang membuat kepribadiannya terpecah menjadi 23 bagian. Hari-hari Casey dan kedua kawannya pun berubah menjadi mimpi buruk, manakala mereka disekap dan harus menghadapi kegilaan Kevin yang sungguh tak terduga.

Mulai dari anak berumur 9 tahun, pria penderita OCD (Obsessive Compulsive Disorder), hingga wanita religius, kepribadian Kevin muncul bergantian untuk menebarkan rasa takut pada Casey dan teman-temannya. Namun lebih dari itu, bahaya lebih besar mengintai nyawa mereka ketika kepribadian ke-24 Kevin, "Sang Monster", baru akan muncul dan menampakkan ancamannya....

Split merupakan film karya M. Night Shyamalan, sutradara yang di tahun 2016 memenangkan Redeemer Award dari Razzie. Meski baru rilis di bioskop AS pada Januari 2017, Split sudah memulai tur promosinya sejak akhir September 2016. Film ini menampilkan kepiawaian aktor pemeran Profesor X muda di seri film X-Men, James McAvoy, serta aktris Anya Taylor-Joy yang menghebohkan sineas Hollywood dengan performa apiknya di film horor The Witch.

Judul Film : Split
Kategori: Film Barat, Film Hollywood
Rumah Produksi: Blinding Edge Pictures, Blumhouse Productions, Universal Pictures (Distributor)
Genre: Horor, Thriller
Sutradara: M. Night Shyamalan
Produser: Marc Bienstock, M. Night Shyamalan, Jason Blum
Penulis Naskah: M. Night Shyamalan
Penata Musik: West Dylan Thordson
Pemeran: James McAvoy, Anya Taylor-Joy, Jessica Sula, Haley Lu Richardson, Betty Buckley
Rating IMDb: 7.6/10
Rating RottenTomatoes: 75%
Rating Metacritic: 62/100
Trailer Split
Review Split

Tulis Review Film Ini:
Review :
Mengizinkan Penggunaan BBCode: [spoiler]SPOILER DITULIS DI SINI[/spoiler]
   

1 orang mereview film ini

Akting Super, Lebih Solid Dari The Visit

Oleh Listy  21 Februari 2017
M. Night Shyamalan sukses bangkit dengan Split yang bahkan lebih solid dari The Visit. Dilengkapi performa luar biasa dari James McAvoy, film ini secara mengejutkan didukung oleh plot dinamis: sesuatu yang jarang ada di film thriller psikologis apalagi sinema khas Shyamalan. Walaupun film ini tidak sepenuhnya menjadi film psikologis yang ingin menelusuri seluk-beluk DID, Split juga bukan film yang begitu saja meng-antagonis-kan penderita penyakit itu. Ada momen mencekam, ketika sosok Kevin berubah jadi creepy dan menakutkan, tapi ada juga saat dimana karakternya bisa memancing rasa simpatik penonton.

Split tentu saja masih punya banyak kekurangan, tapi yang paling menonjol jelas adalah bagian ending-nya. Saya rasa Shyamalan di sini memberi kejutan dengan tidak mengompori rasa penasaran audience yang menantikan plot twist darinya.

Beberapa catatan buruk M. Night Shyamalan di satu dekade terakhir membuat namanya menjadi semacam momok yang dihindari oleh semua kalangan. Setelah sebelumnya lumayan berhasil dengan The Visit, saya rasa Split telah sukses mengikuti keberhasilannya dan secara otomatis mengembalikan pamor Shyamalan di dunia perfilman.

Secara pribadi, Split saya anggap sebagai film Shyamalan terbaik kedua setelah The Sixth Sense, dan selangkah lebih bagus dari prekuel-nya, Unbreakable
Review & Trailer Lainnya
Berita Popular


Artikel Popular