Setelah Batman v Superman, Inilah 10 Film Superhero DC Selanjutnya

Galuh Mustika View: 32705

Menyambung kesuksesan Batman v Superman: Dawn of Justice, Warner Bros serta DC Entertainment sudah menyiapkan film-film lanjutan yang nantinya akan tergabung dalam seri film superhero DC. Untuk membuat film-film tersebut nantinya dapat terhubung satu sama lain, Warner Bros. menciptakan suatu wadah franchise bernama DC Extended Universe (DCEU). Sehingga,  Rangkaian film ini akan menyerupai format seri film superhero yang diproduksi Marvel Cinematic Universe (MCU). Layaknya Avengers, DCEU juga akan memproduksi film yang menampilkan kolaborasi superhero DC. Konsep film gabungan yang didasarkan pada Justice League tersebut pun tak pelak diantisipasi menjadi tandingan kuat seri Avengers dari MCU.

Berikut ini daftar 10 film lanjutan yang akan melanjutkan Batman v Superman:

1. Suicide Squad (5 Agustus 2016)

film suicide squad

Ditulis dan disutradarai David Ayer, Suicide Squad adalah satu-satunya film DC yang rilis di tahun yang sama dengan Batman v Superman. Uniknya, film ini tak menyoroti tokoh superhero manapun, karena yang akan menjadi bintang di sini adalah kumpulan penjahat super dari DC. Karakter-karakter yang sebelumnya dikenal sebagai tokoh antagonis seperti Harley Quinn, Deadshot, dan Killer Croc akan bergabung dalam satu tim untuk mengalahkan musuh yang lebih berbahaya. Suicide Squad memasang nama Margot Robbie, Will Smith, dan Jared Letto sebagai Joker dalam jajaran pemeran utama. Tak hanya itu, Batman dan The Flash juga muncul sebagai cameo di film ini.

 

2. Wonder Woman (23 Juni 2017)

film wonder woman
Berkisah tentang asal usul si pahlawan wanita dari bangsa Amazon, Wonder Woman menjadi proyek film keempat di DC Extended Universe. Film ini ditangani oleh sutradara Patty Jenkis dan ditulis oleh Jason Fuchs. Gal Gadot yang sempat muncul di Batman v Superman akan kembali berperan sebagai Wonder Woman. Selain itu, ada pula nama Chris Pine dan Connie Nielsen dalam daftar aktor film yang meluncurkan teaser pertamanya di Comic Con 2016 ini.


3. Justice League (17 November 2017)

film justice league part one
Beberapa bulan setelah Wonder Woman, DC dan Warner Bros. tak ingin berlama-lama menunda rilis film berikutnya, Justice League. Bagian inilah yang digadang-gadang berpotensi menyaingi kesuksesan The Avengers, karena Batman, Superman, Wonder Woman, The Flash, Cyborg, dan Aquaman akan menggabungkan kekuatan di film ini. Zack Snyder dari Batman v Superman akan kembali mengisi pos sutradara di Justice League. Walaupun sempat terganjal pemberitaan tak mengenakkan perihal casting untuk pemeran The Flash, kabar mengenai rencana rilis Justice League tetap disambut antusiasme tinggi dari para penggemar.

3. The Flash (16 Maret 2018)

film the flash

Meski saat ini nama Grant Gustin tengah naik daun karena perannya sebagai The Flash di serial TV berjudul serupa, ia tak terpilih sebagai aktor yang akan memerankan sosok pemilik kecepatan super tersebut di versi film. Sebaliknya, Ezra Miller yang sebelumnya pernah muncul di The Perks of Being a Wallflower bersama Emma Watson dan Logan Lerman ditunjuk untuk memerankan tokoh The Flash. Seth Grahame-Smith terpilih sebagai penulis dari film yang akan mengulas asal usul The Flash ini. Belum ada kepastian plot, namun ada yang berspekulasi jika alur cerita akan maju mundur karena kemampuan sang superhero yang bisa menjelajah waktu.

UPDATE November 2017:

Setelah muncul di Justice League, Warne Bros. mengkonfirmasi bahwa film solo The Flash akan berjudul Flashpoint. Proyek ini urung meluncur tahun 2018 dan ditunda sampai ke waktu yang belum ditentukan.

Banyak pihak menduga ini merupakan upaya samar studio untuk 'melahirkan kembali' DCEU setelah kegagalan Batman v Superman, Suicide Squad, dan Justice League di hadapan kritikus. Sebagai informasi, Flashpoint merupakan salah satu plot paling fenomenal dalam sejarah komik DC karena mengisahkan petualangan The Flash ke masa lalu yang berdampak pada perubahan masa depan semua karakter superhero DC.

4. Aquaman (21 Desember 2018)

film aquaman

Aquaman menjadi film DC kedua yang rilis di tahun 2018. Sutradara Furios 7 dan The Conjuring, James Wan, sudah dipastikan bakal mengarahkan film yang dibintangi Jason Momoa ini. Di posisi penulis naskah, Wan rencananya bakal berduet dengan Kurt Johnstad yang sebelumnya pernah menangani 300 dan Act of Valor. Tak jauh beda dengan The Flash, film ini juga bakal mengungkap latar belakang kisah Aquaman sebagai superhero penguasa lautan.

6. Shazam! (5 April 2019)

film shazam
Walaupun sudah mendapat kepastian waktu rilis, masih banyak detail yang belum terungkap dari produksi film ini. Hanya nama penulis Darren Lemke dan aktor Dwayne Johnson yang akan memerankan tokoh penjahat saja yang sudah terungkap sejauh ini. Selain itu, produksi Shazam! diserahkan pada anak perusahaan Warner Bros., New Line Cinema. Dengan minimnya progres tersebut, banyak pihak mempertanyakan: Akankah Shazam! jadi dirilis?

UPDATE November 2017:

Zachary Levi akhirnya terpilih sebagai pemeran Shazam. Sementara itu, David F. Sandberg yang sebelum ini dikenal lewat film-film horor Lights Out dan Annabelle: Creation digaet sebagai sutradara. Warner Bros. juga telah mengumumkan jika Shazam! akan menjadi dwilogi. Film pertama menyoroti kisah Shazam sebagai superhero, sedangkan film kedua direncanakan sebagai film solo Black Adam, tokoh antagonis dan (kadang-kadang) antihero yang diperankan oleh The Rock.

7. Justice League - Part Two (14 Juni 2019)

film justice league part two

Bagian kedua dari Justice League direncanakan rilis dua tahun setelah seri pertamanya, dan masih akan disutradarai oleh Zack Snyder. Tak hanya Snyder, Chris Terrio pun akan kembali sebagai penulis naskah. Belum ada tanda-tanda tentang jalan cerita Justice League - Part Two, namun sudah dapat dipastikan bahwa Ben Affleck, Henry Cavill, Gal Gadot, dan pemeran superhero DC di film-film sebelumnya bakal kembali mengisi peran mereka masing-masing di film ini.

Entertainment Weekly menafsirkan jika Green Lantern mungkin akan bergabung di Justice League - Part Two, meski hanya akan mengisi peran minor. Ini bisa menjadi langkah strategis Warner Bros. sebelum meluncurkan film Green Lantern yang dijadwalkan rilis di tahun berikutnya.

UPDATE November 2017:

Jadwal produksi dan rilis film ini terdesak mundur hingga di waktu yang belum ditentukan. Warner Bros. rupanya lebih mengutamakan The Batman yang di sepanjang tahun 2017 terus didera oleh kontroversi keterlibatan Ben Affleck.

Selain itu, rilis Wonder Woman 2 di tanggal 1 November 2019 membuat jadwal DCEU penuh sesak. Film sekuel itu memang langsung diprogramkan dan diprioritaskan setelah kesuksesan luar biasa Wonder Woman yang mampu meraup pendapatan fenomenal, serta memancing kekaguman para kritikus. Hingga update ini ditulis, Wonder Woman masih jadi satu-satunya film DCEU yang 'tidak gagal' di mata para pengamat.

 

8. Cyborg (3 April 2020)

film cyborg

Setelah dua kali muncul dalam seri Justice League, sosok Cyborg akhirnya muncul dalam filmnya sendiri di tahun 2020. Mungkin karena inilah plot cerita Cyborg tak akan mengisahkan asal usuh tokoh superhero itu. Sejauh ini, belum ada nama sutradara maupun penulis naskah yang dilaporkan bergabung dalam proyek film Cyborg. Sebaliknya, daftar aktor sudah terisi oleh nama Ray Fisher dan Joe Morton yang masing-masing akan bermain sebagai Cyborg dan Dr. Silas.

 

9. Green Lantern Corps (24 Juli 2020)

film green lantern corps

Berbeda dengan film Green Lantern yang pernah rilis di tahun 2011 dan dibintangi Ryan Reynolds, versi yang satu ini bakal menyoroti pasukan Green Lantern sebagai kelompok penjaga alam semesta. Oleh karena itu, setting film ini tak hanya akan terpusat di bumi, tapi juga area luar angkasa. Belum ada konfirmasi apapun mengenai siapa saja yang akan menyutradarai, menulis naskah, ataupun membintangi Green Lantern Corps. Walaupun demikian, Tyrese Gibson sempat diisukan akan bergabung di film ini, dan pernah mengkonfirmasi pertemuannya dengan Warner Bros. terkait perannya di Green Lantern Corps.

UPDATE November 2017:

Film ini telah mendapat nama penulis dan produser, tapi belum memastikan aktor utama dan sutradara yang akan menanganinya. David S. Goyer (Man of Steel, trilogi The Dark Knight) akan menjalankan peran sebagai penulis sekaligus produser. Ia akan didampingi oleh Justin Rhodes dan Geoff Johns, co-runner DCEU yang terjun langsung sebagai pengarah cerita.

10. The Batman (Tanggal Rilis Belum Diketahui)

film batman dceu

Berbanding terbalik dengan Shazam! dan Green Lantern Corps, film Batman yang satu ini sudah memperoleh beberapa nama yang diisukan akan mengisi posisi sutradara, penulis naskah, dan setidaknya satu pemain, meski tanggal rilisnya belum diketahui. Ben Affleck dipastikan kembali sebagai Batman. Sementara itu, Chris Terrio yang sebelumnya pernah bekerja sama dengan Ben Affleck di beberapa film diisukan bakal kembali sebagai penulis naskah.

Mengenai cerita, film yang masih menjadi rumor ini diperkirakan bakal menyuguhkan kisah flashback dari pertarungan Batman di masa lalu. Pasalnya, ada salah satu bagian di Batman v Superman yang menampilkan kostum Robin dengan coretan-coretan Joker. Dari situlah muncul desas-desus tentang keterlibatan tokoh Robin di film ini dan spekulasi mengenai kematiannya di tangan si Joker.

UPDATE November 2017:

Memasuki tahun 2017, film ini menghadapi beberapa kendala serius. Ben Affleck yang tadinya ikut andil sebagai sutradara tiba-tiba mengurungkan niatnya karena ingin fokus bekerja sebagai aktor pemeran Batman. Meski posisi sutradara sudah diambil alih oleh Matt Reeves, proses produksi The Batman masih saja terganjal oleh absennya nama penulis. Rupanya, negosiasi dengan Chris Terrio tidak membuahkan hasil, sehingga DC masih harus mencari kandidat penulis lain.

 

Dari sekian banyak sinema lanjutan yang sudah direncanakan Warner Bros. dan DC, tak ada kabar sedikitpun mengenai film Superman. Tokoh manusia super tersebut memang sebelumnya sudah diceritakan dalam film pertama di seri DCEU ini, Man of Steel. Sekarang pertanyaannya, akankah rencana DC untuk menyaingi kesuksesan Marvel akan terwujud dengan deretan film-film di atas? Sejak tahun 2008, Marvel Cinematic Universe telah merilis 12 film, 8 serial TV, 5 film pendek, dan akan meluncurkan 11 film lagi hingga tahun 2019 mendatang. Melihat angka tersebut, tentu produktivitas DCEU yang baru meluncurkan film pertamanya di tahun 2013 masih tertinggal, mengingat mereka baru merilis 2 film sejauh ini. Namun dengan raihan luar biasa Batman v Superman, ada kemungkinan DC bakal sanggup berkompetisi dengan MCU, paling tidak dari segi pendapatan Box Office.

Galuh Mustika

Penggemar film Barat yang doyan nonton segala genre, terutama petualangan dan fantasi. Pengagum karya-karya David Fincher, Christopher Nolan, Guillermo Del Toro, Steven Spielberg, dan Bong Joon-ho. Secara tak terduga juga suka perhatian sama drama dan film Korea. Hasilnya? Still try finding the best of both worlds.

Lihat profil selengkapnya



Komentar: 4

  • Keren gan. Lanjutkan menulis resensi kyk gini yooooo
    Pak De
    17 JUN 2017
    New Comment | Reply
  • Film dc kapan buat film super hero yg lain seperti green arrow, the atom, jsa, black canary, gypsy, red tornado,dr fate, dan masih banyak lagi ayo dc bikin film yg super hero yg lain saya tunggu ya filmnya
    Herman
    13 MAR 2017
    New Comment | Reply
    DCEU sudah menjadwalkan rilis film-filmnya sampai tahun 2020 (daftarnya bisa dilihat di sini), dan dari daftarnya tidak ada film-film dengan tokoh superhero yang Anda maksud. Di samping itu, tokoh Green Arrow dan Black Canary sudah muncul di serial TV CW besutan Greg Berlanti. Kalau DCEU ingin membuat versi mereka sendiri, kemungkinan besar mereka akan melihat dulu bagaimana respon kritik dan penggemar terhadap versi "The Flash" mereka.

    Dari rumor yang beredar pun, DCEU tampaknya lebih fokus untuk membuat proyek film yang melibatkan member Justice League pilihan mereka (Cyborg, Aquaman, Shazam) dan reboot Green Lantern. Selain itu, ada pula rencana untuk membuat film solo Deadshot, Black Adam, Nightwing, Batman, dan sekuel Man of Steel. Untuk proyek kolaborasi, ada juga planning untuk membuat Dark Universe yang kabarnya akan dihandle oleh Guillermo Del Toro.
    Sinemapedia
    14 MAR 2017
    Reply
  • Under the red hood tuh versi aslinya kalo gak salah 2018
    Aji Kid
    28 DEC 2016
    New Comment | Reply
    Mana yang under the red hood?
    Cathy
    28 DEC 2016
    Reply
    Rumor tersebut memang sempat berhembus pada akhir tahun 2015 dan diperkirakan hanya sebagai media play untuk mempromosikan Batman v Superman yang saat itu akan rilis. Belakangan, proyek film solo Batman kini justru penuh ketidakpastian. Mulai dari mundurnya Ben Affleck dari kursi sutradara, skenario film yang dirombak ulang, sampai isu keengganan Affleck untuk kembali berperan sebagai Batman.

    Jadi sayangnya, source yang menyebutkan rilis film itu di tahun 2018 hanya bersifat spekulatif.
    Galuh Mustika
    14 MAR 2017
    Reply
  • Lama banget
    Ary
    10 OCT 2016
    New Comment | Reply
    Kapan film green arrow,dr fate,the atom akan muncul
    Herman
    13 MAR 2017
    Reply



Artikel Lain
Review Film




Berita Popular




Review Pembaca
Ahmad Zai menulis "Dari ulasan awal yg ramai di media sosial, banyak fans setia Thor malah khawatir jika Feige dan Waititi akhirnya mengubah karakternya dari pewaris tahta Asgard yang heroik dan graceful menjadi badut pelawak."
Di Review Film Thor: Ragnarok >>
Anna Muttaqien menulis "Sebenarnya, pertama kali tertarik nonton Fireworks, a.k.a. Uchiage Hanabi, itu karena tertarik pada soundtrack-nya yang asyik banget dan animasi yang cakep setelah lihat trailernya."
Di Review Film Fireworks: Should We See It From The Side Or The Bottom? >>
Anna Muttaqien menulis "Sebelum berangkat nonton film No Game No Life Zero, ada baiknya sudah selesai menonton semua seri animenya serta sedia tisu dulu. Cerita dalam No Game No Life Zero akan terkesan dimulai secara mendadak jika penonton belum pernah lihat anime maupun membaca light novelnya."
Di Review Film No Game No Life Zero >>
Canopus menulis "Secara story, film ini mengingatkan saya pada film semacam Armageddon dan The Martian. Efeknya lumayan bagus. Menurut saya Geostorm lebih seru untuk ditonton dalam format 3D."
Di Review Film Geostorm >>