Song Hye-kyo, Antara Prestasi Dan Skandal

Galuh Mustika View: 21388

Masih ingat dengan sosok Han Ji-eun di drama Korea Full House? Atau karakter Eun-suh yang muncul di Endless Love, seri drama tragedi tentang bayi yang tertukar dan sukses menguras air mata itu? Baru-baru ini, aktris pemeran tokoh-tokoh tersebut, Song Hye-kyo, kembali populer lewat drama romantis Descendants of the Sun. Meski baru tayang di stasiun TV Korea Selatan dan belum didistribusikan di negara-negara lain, seri tersebut sudah ramai dibicarakan para pecinta drama Korea Selatan dimana-mana, termasuk juga di Indonesia.

Berbicara tentang Song Hye-kyo memang tak akan pernah lepas dari drama-drama fenomenal yang dibintanginya. Namun dibalik berbagai peran yang melambungkan namanya, terselip kisah-kisah menarik tentang prestasi, kehidupan pribadi, dan skandal yang pernah membayanginya.

Mengawali Karir Sebagai Model

Song Hye-kyo pertama kali debut di dunia entertainment Korea pada tahun 1996 sebagai model. Kala itu, Hye-kyo yang masih berusia 14 tahun dinobatkan sebagai juara pertama dalam salah satu kontes modelling. Ia pun kemudian dikontrak oleh sebuah brand pakaian seragam sebagai model iklan. Dari sinilah Hye-kyo mulai dilirik oleh produser-produser drama. Karena awal karirnya yang cuma sebagai model, tak dapat dipungkiri bahwa tawaran menjajal dunia akting muncul bukan karena skill Hye-kyo sebagai aktris, melainkan karena wajah cantiknya.

Namun demikian, Hye-kyo ternyata berhasil membuktikan keseriusannya menekuni dunia akting. Setelah rutin mendapat peran-peran kecil di beberapa drama dan sitkom, nama aktris ini kemudian melejit lewat kesuksesan Endless Love di tahun 2000. Song Hye-kyo pun berhasil menjadikan popularitasnya di drama itu sebagai batu pijakan untuk terus berkarya sebagai aktris. Buktinya, enam belas tahun setelah kesuksesan pertamanya sebagai pemeran utama di drama TV, publik sudah tak lagi mengingat image Hye-kyo sebagai model. Kini, Song Hye-kyo lebih banyak dikenal sebagai aktris Korea Selatan yang telah membintangi banyak drama populer.

 

Bersinar Di Layar Lebar

Tak dapat dipungkiri bila Song Hye-kyo telah menjadi bintang layar kaca yang hampir semua dramanya tak pernah mengecewakan. Full House dan seri Endless Love contohnya, adalah 2 drama fenomenal dari Song Hye-kyo yang bisa dibilang telah berpartisipasi dalam memulai tren Hallyu Wave di berbagai negara. Drama-drama lain seperti That Winter, The Wind Blows dan Descendants of the Sun pun juga mendapat sambutan luar biasa dari para pecinta drama Korea.

film song hye kyo

Song Hye-kyo dalam film Hwang Jin Yi

Tapi ternyata, aktris kelahiran 1981 ini juga bersinar di layar lebar. Sejak tahun 2005, Hye-kyo tercatat sudah membintangi 11 film, dimana 3 diantaranya adalah film produksi China. Salah satu filmnya yang rilis di tahun 2007, Hwang Jin Yi, mengumpulkan pendapatan sebesar 8.5 juta USD dan meraup banyak penghargaan di berbagai festival film. Song Hye-kyo juga pernah berpartisipasi dalam The Grandmaster, film Hongkong arahan Wong Kar-wai yang tak hanya laris di Box Office, tapi juga mendapat nominasi Oscar untuk kategori Best Cinematography dan Best Costume Design.

Berulang Kali Dinominasikan Sebagai Aktris Terbaik

Nama besar Song Hye-kyo tak hanya dikenal karena kecantikan dan drama-dramanya yang berating tinggi. Secara individu, aktris yang beradu akting dengan Rain di Full House itu ternyata sudah kerap dinominasikan dan bahkan mendapat penghargaan dalam kategori aktris terbaik. Lewat perannya di Endless Love, Hye-kyo menyabet gelar Most Popular Actress dan mendapat nominasi untuk kategori Best New Actress di Baeksang Arts Awards. Masih di acara penghargaan yang sama, ia juga dinominasikan sebagai Best Actress lewat Full House dan That Winter, the Wind Blows. Bahkan untuk perannya di drama terakhir, Hye-kyo memenangkan aktris terbaik di SBS Drama Awards.

Sementara di ranah perfilman, lawan main Jo In-sung di That Winter, The Wind Blows itu pernah dinobatkan sebagai Best New Actress melalui Hwang Jin Yi di Korean Film Awards. Song Hye-kyo juga mendapat nominasi di kategori serupa pada acara penghargaan Grand Bell Awards, Korean Film Awards, dan lagi-lagi Baeksang Arts Awards lewat perannya di film My Girl and I, Hwang Jin Yi, dan A Reason to Live.

Salah Satu Artis Korea Tercantik

Visual Song Hye-kyo memang tak diragukan lagi. Banyak yang memuji kecantikan aktris ini, terutama setelah ia banyak muncul di berbagai drama terkenal, iklan, dan acara-acara lain. Bagi masyarakat Korea yang dikenal memiliki standard kecantikan sempurna, Song Hye-kyo juga banyak dikagumi dan sering ditempatkan dalam daftar selebritis tercantik di Negeri Ginseng tersebut. Bersama Kim Tae-hee, Lee Young-ae (pemeran Dae Jang-geum di Jewel in the Palace), Kim Hee-sun, dan Han Ga-in, Song Hye-kyo sering disebut-sebut sebagai aktris tercantik Korea.

aktris tercantik korea selatan

Bersama dengan Lee Young-ae (kiri) dan Han Ga-in (kanan), Song Hye-kyo (tengah) sering disebut-sebut sebagai salah satu artis tercantik di Korea Selatan

Sebagai bintang terkenal dengan paras rupawan, Song Hye-kyo tak hanya kebanjiran job pemotretan di majalah-majalah saja. Di awal dekade ini, ia merilis buku kumpulan foto-fotonya: It's Time for Hye-kyo dan Song Hye-kyo's Moment yang mengambil lokasi pemotretan di Paris, Atlanta, New York, Belanda, Buenos Aires, Patagonia, dan Brazil.

 

Sering Terlibat Cinta Lokasi

Selain mencapai prestasi dari kepiawaian akting dan terkenal karena wajah cantiknya, Song Hye-kyo juga pernah terlibat beberapa skandal percintaan. Uniknya, dua hubungan asmaranya yang terungkap ke publik menyeret nama Lee Byung-hun dan Hyun Bin. Dua aktor tersebut diketahui sama-sama pernah menjadi lawan main Hye-kyo di drama TV. Selentingan mengenai skandal cinta lokasi pun terkonfirmasi setelah terungkap bahwa Hye-kyo mulai berpacaran dengan aktor-aktor tersebut seusai berpasangan sebagai pemeran utama di drama.

skandal asmara song hye kyo

Song Hye-kyo bersama Lee Byung-hun (kiri) dan Hyun Bin (kanan)

Song Hye-kyo dan Lee Byung-hun memang pernah sama-sama membintangi All In, salah satu drama Korea tersukses di tahun 2003. Hubungan keduanya yang terungkap ke publik banyak disorot media dan netizen, sehingga memberi pelajaran berharga bagi Song Hye-kyo untuk lebih berhati-hati merahasiakan hubungan asmaranya. Namun skandal serupa kembali muncul di tahun 2009 setelah ia kedapatan menjalin hubungan dengan Hyun Bin, aktor yang bersanding dengannya di drama Worlds Within.

Berani Mencekal Netizen "Nakal"

Selain skandal percintaannya, Song Hye-kyo juga pernah membuat heboh saat ia berani menuntut netizen Korea atas tuduhan pencemaran nama baik. Kasus yang terjadi di tahun 2012 ini mulanya dipicu oleh beredarnya rumor-rumor tak sedap mengenai Song Hye-kyo. Meski tak terkonfirmasi, kabar burung tersebut berpotensi mencoreng citra Song Hye-kyo. Pasangan Song Joong-ki dalam drama hits Descendants of the Sun ini pun berusaha menyelidiki si penyebar rumor dan menemukan 41 netizen yang kedapatan bersalah. Tak berhenti di situ, Hye-kyo juga melaporkan ke-41 pelaku tersebut ke polisi. Alhasil, para netizen itupun didakwa bersalah dan dijatuhi hukuman atas tindakan mereka yang menyebarkan rumor negatif tanpa didasari bukti.

Pernah Terlibat Skandal Pajak

Jika sebelumnya Song Hye-kyo bertindak tegas melawan gosip miring tentang dirinya, kali ini aktris tersebut tak sanggup berkutik saat dihadapkan pada skandal penghindaran pajak. Ia dilaporkan mangkir bayar pajak penghasilan dari tahun 2009 sampai 2011,  yang jumlahnya menunggak hingga 2.56 miliar Won. Sadar jika memang bersalah, Hye-kyo pun meminta maaf secara publik dan tak banyak berkelit. Meski terkesan menuduh akuntan pribadinya yang ia nilai telah melakukan kesalahan dalam  menangani urusan keuangannya, Song Hye-kyo tetap membayar denda sebanyak 3.8 milyar Won.

Belajar Dari Song Hye-kyo

Fakta-fakta menarik Song Hye-kyo di atas tak hanya menggambarkan kegemilangan karir seorang aktris top, tapi juga pelajaran dari masa debut hingga sikapnya dalam menangani permasalahan yang muncul di sepanjang karirnya. Karena debut sebagai model, Hye-kyo boleh jadi dianggap "aji mumpung" atau sekedar "modal tampang" di awal karirnya. Namun melihat konsistensi dan kegigihannya di dunia akting yang sudah membuahkan banyak prestasi, ia tentu bisa menjadi panutan untuk "artis-artis serupa".

Di samping itu, Hye-kyo juga menjadi satu dari sedikit artis yang berani mengambil langkah pembelaan diri melawan penyebar gosip palsu. Namun ia tahu diri, ketika sentimen negatif netizen bersumber dari fakta, Hye-kyo tak segan mengakui kesalahan, meminta maaf, dan menerima hukumannya. Sesuai kebiasaan artis Korea lain, Song Hye-kyo menghentikan kegiatan keartisannya untuk melakukan refleksi diri setelah terhempas skandal. Langkah hati-hati Hye-kyo dalam menyikapi pemberitaan negatif dari kasus mangkir pajaknya terbukti efektif. Drama comeback-nya setelah skandal tersebut, Descendants of the Sun, tetap gemilang dan meraih rating teratas mengalahkan drama lain yang sama-sama sedang tayang di Korea Selatan; Come Back Mister (dibintangi Rain dan Oh Yeon Seo) serta Goodbye Mr. Black.

Galuh Mustika

Penggemar film Barat yang doyan nonton segala genre, terutama petualangan dan fantasi. Pengagum karya-karya David Fincher, Christopher Nolan, Guillermo Del Toro, Steven Spielberg, dan Bong Joon-ho. Secara tak terduga juga suka perhatian sama drama dan film Korea. Hasilnya? Still try finding the best of both worlds.

Lihat profil selengkapnya






Artikel Lain
Review Film




Berita Popular




Review Pembaca
Ahmad Zai menulis "Dari ulasan awal yg ramai di media sosial, banyak fans setia Thor malah khawatir jika Feige dan Waititi akhirnya mengubah karakternya dari pewaris tahta Asgard yang heroik dan graceful menjadi badut pelawak."
Di Review Film Thor: Ragnarok >>
Anna Muttaqien menulis "Sebenarnya, pertama kali tertarik nonton Fireworks, a.k.a. Uchiage Hanabi, itu karena tertarik pada soundtrack-nya yang asyik banget dan animasi yang cakep setelah lihat trailernya."
Di Review Film Fireworks: Should We See It From The Side Or The Bottom? >>
Anna Muttaqien menulis "Sebelum berangkat nonton film No Game No Life Zero, ada baiknya sudah selesai menonton semua seri animenya serta sedia tisu dulu. Cerita dalam No Game No Life Zero akan terkesan dimulai secara mendadak jika penonton belum pernah lihat anime maupun membaca light novelnya."
Di Review Film No Game No Life Zero >>
Canopus menulis "Secara story, film ini mengingatkan saya pada film semacam Armageddon dan The Martian. Efeknya lumayan bagus. Menurut saya Geostorm lebih seru untuk ditonton dalam format 3D."
Di Review Film Geostorm >>