"Hacker" Keceplosan Ungkap Rahasia Fantastic Beast and Where To Find Them

Redha Caraka View: 2732

Penggemar Harry Potter dihebohkan dengan munculnya postingan di berbagai media sosial akan terungkapnya empat houses dari Ilvermorny School of Witchcraft and Wizardry. Ilvermorny adalah salah satu nama sekolah  sihir yang akan diungkap dalam film Fantastic Beast and Where To Find Them sebagai sekolah sihir di Amerika Utara. Seorang teknisi software bernama Ian Cervantez dengan tidak sengaja mengungkapkan keempat Houses dari Ilvermorny tersebut. Mengingat banyaknya fans Harry Potter, tentu saja berita ini segera menjadi viral.

Ian Cervantez tidak sengaja menemukan pertanyaan tersembunyi ketika ia menelaah javascript pada website Pottermore. Pertanyaan tersebut berbunyi "Where do you belong, Horned Serpent, Wampus, Thunderbird, or Pukwudgie?". Muncul dugaan bahwa itu adalah pertanyaan untuk kuis Sorting Hat baru untuk sekolah sihir selain Hogwats. Bisa disimpulkan bahwa, Horned Serpent, Wampus, Thunderbird dan Pukwudgie merupakan 4 Houses yang berada di sekolah sihir yang berlokasi di Amerika Utara, Ilvermorny.

 

Simbol dan Indikasi Pembagian Houses

Sebagaimana harimau, ular, elang dan berang - berang menjadi simbol houses dari Hogwarts yang berlokasi di Inggris, simbol houses Ilvermorny dinamakan langsung berdasarkan mahkluk fiksi dari cerita rakyat Amerika.

The Horned Serpent digambarkan sebagai seekor ular berbentuk seperti naga dengan tanduk dan taring yang panjang. The Wampus adalah makhluk berwujud seperti kucing digambarkan sebagai spesies puma gunung yang menakutkan. The Thunderbird  adalah burung legendaris yang digambarkan berukuran besar dan mampu menciptakan badai dan petir saat ia terbang. Sedangkan Pukwudgie digambarkan sebagai makhluk dengan tinggi dua hingga tiga kaki , berwujud seperti manusia dengan hidung, telinga dan jari jari yang besar serta kulit berwarna abu abu yang bisa berkilau.

Horned Serpent, Wampus, Thunderbird, Pukwudgie

 

Fans Harry Potter menyadari adanya sedikit kesamaan simbol antara rumah asrama di Hogwarts dan Ilvermorny. Simbol Gryffindor adalah harimau menyerupai The Wampus. Simbol Slytherin menyerupai Simbol The Horned Serpent, simbol Ravenclaw dengan Thurderbird, dan terakhir simbol Hafflepuff yang berupa berang berang memang tidak menyerupai sosok Pukwudgie, namun fans mengaggap kategori kedua houses ini akan serupa.  

Sebelumnya J.K. Rowling telah mengungkapkan 4 sekolah sihir di dunia yang belum pernah disebutkan dalam seri Harry Potter manapun. Keempat sekolah tersebut adalah Mahoutokoro yang berlokasi di Jepang, Uagadou yang berlokasi di Afrika, Castlebruxo yang berlokasi di Brazil, dan Ilvermony di Amerika Utara.

 

Permintaan Maaf dan Klarifikasi Sang "Hacker"

Pada akun Linkedin-nya, Ian Cervantez menjelaskan bahwa ia tidak melakukan hacking pada website Potttermore. Saat sedang membuat robot untuk menjawab kuis, ia membaca kode pada website Pottermore sehingga secara tidak sengaja menemukan pertanyaan tersebut. Cervantez yang super antusias langsung memposting penemuannya di Reddit. Awalnya Ian tidak menyangka bahwa postingannya akan menjadi viral. Ia pun baru tersadar ketika melihat postingannya disebarkan melalui Twitter di berbagai negara.

Ian mengatakan bahwa ini adalah murni kesalahan yang tidak disengaja, bukan gangguan keamanan situs Pottermore. Ia mengungkapkan permintaan maaf jika ada staff Pottermore yang kehilangan pekerjaan akibat kejadian ini. Di akhir postingannya, Ian Cervantez mengatakan jika memang ada yang kehilangan pekerjaan di Pottermore akibat bocornya informasi ini, ia akan menyediakan pekerjaan bagi staff tersebut.

Terungkapnya rahasia ini tidak bisa sepenuhnya dianggap hal buruk. Antusiasme penggemar justru semakin meningkat setelah kabar ini beredar. Penggemar semakin penasaran dengan apa yang akan terjadi di film Fantastic Beast and Where to Find Them pada penayangannya bulan November tahun ini.



Redha Caraka

Hobi menonton serial televisi dan film barat maupun Korea. Penggemar Game of Thrones, meski sempat cuti nonton setelah episode The Rain of Castamere. Selain tertarik dengan jalan cerita film atau serial televisi, kadang lebih tertarik dengan fashionnya.

Lihat profil selengkapnya






Berita Lain
Review Film




Artikel Popular