Daftar Pemenang Festival Film Cannes 2017, Penuh Drama

Anna Muttaqien View: 490

Festival film Cannes 2017 akhirnya tutup buku pada tanggal 28 Mei 2017 lalu dengan upacara penganugerahan sejumlah penghargaan atas film-film terbaik dari berbagai negara. Festival film internasional terkemuka ini merupakan yang ke-70 kalinya diselenggarakan di kota Cannes, selatan Prancis. Siapa saja pemenangnya?

Palme d'Or: The Square

Grand Prix: 120 Beats Per Minute

Jury Prize: Loveless

Best Actor: Joaquin Phoenix - You Were Never Really Here

Best Actress: Diane Kruger - In the Fade

Best Director: Sofia Coppola - The Beguiled

Best Screenplay:
Lynne Ramsay - You Were Never Really Here
Yorgos Lanthimos - The Killing of a Sacred Deer

Special Prize: Nicole Kidman

The Square merupakan film asal Swedia besutan sutradara Ruben Ostlund. Sedangkan 120 Beats Per Minute adalah buah karya sutradara Robin Campillo yang berlatar belakang Paris di tengah puncak epidemi AIDS di awal tahun 1990an. Ceritanya berupa drama, menuturkan percintaan antara dua aktivis yang memilukan hati. Penghargaan film ketiga diraih oleh Loveless, yang menceritakan tentang sepasang sejoli dan anak mereka di Moscow di tengah sengitnya proses perceraian pahit.

Para peraih penghargaan top dalam Festival Film Cannes 2017 ini dipilih oleh dewan juri yang dipimpin oleh sutradara terbaik Spanyol, Pedro Almodovar. Sayang sekali, tahun ini tak ada film Indonesia yang naik panggung untuk masuk nominasi, meski ada beberapa film yang dikirim untuk screening. Cukup berbeda dari tahun lalu, ketika Prenjak berhasil menyabet gelar juara film pendek.

Anna Muttaqien

Kontributor sekaligus editor di Sinemapedia. Hobi menulis, membaca, nonton, plus nggosip apa saja yang hubungannya dengan Asia dan Jepang. Mulai suka anime dan manga sejak tahun 90-an, berlanjut sampai sekarang.

Lihat profil selengkapnya






Berita Lain
Review Film


Artikel Popular