Saingi Captain America, Film "Captain China" Akan Segera Dibuat

Galuh Mustika View: 1253

Mengikuti kesuksesan global film teranyar Captain America, sebuah perusahaan perfilman China, Fangjin Media, sudah mengambil ancang-ancang untuk membuat trilogi superhero yang mengusung tokoh "Captain China" sebagai karakter utamanya. Tak tanggung-tanggung, perusahaan tersebut telah menggaet Joe dan Anthony Russo, duo sutradara dibalik keberhasilan Captain America: Civil War.

Russo bersaudara dan tim produksi mereka dilaporkan telah menandatangani kontrak dengan Fangjin Media untuk membuat film "Captain China". Mulai dari proses penulisan naskah hingga pengarahan efek visual, semua akan ditangani oleh Russo dan kru-krunya. Film pertama yang berjudul The Hero's Awakening sudah direncanakan syuting akhir tahun ini dan akan rilis awal 2018 mendatang. Sementara itu, dua film berikutnya, Nirvana dan The Hero's Sacrifice dijadwalkan tayang perdana pada tahun 2019 dan 2020. Budget untuk pembuatan tiga film tersebut mencapai 230 juta USD, hanya selisih 20 juta USD dengan anggaran dana Captain America: Civil War yang dilaporkan menelan 250 juta USD.

Mirip Captain America

Ide penggarapan film ini rupanya tak tercetus begitu saja. Komik Captain China sudah beredar sejak tahun 2012 dan dipublikasikan oleh penerbit AS, Excel Comics. Tak jauh beda dengan latar belakang Captain America, "Captain China" dikisahkan sebagai prajurit negara yang mendapat kekuatan setelah melalui eksperimen khusus dan hidup di era Mao Zedong. Setelah terlelap selama 50 tahun, ia bangkit kembali di zaman modern. Atributnya terdiri dari kostum superhero bermotif bendera kebangsaan China, topi polisi, dan pistol Mauser (senjata yang digunakan pasukan Red Army di masa Perang Dunia II). Hal itu menandakan sosoknya sebagai simbol patriotisme negara, mirip dengan Captain America di masa-masa awal perjuangannya.

Kabar ini pun dengan cepat merebak di komunitas netizen China dan hasilnya, beredarlah gambar-gambar dari komik "Captain China". Meski tak ada hubungannya dengan film yang akan digarap Joe dan Anthony Russo, tapi ilustrasinya bisa memberi sedikit gambaran tentang superhero ini:

komik captain china
Wawancara Russo bersama Los Angeles Times membeberkan bahwa: "Dia (Captain China) bisa mengontrol benda-benda dengan pikirannya. Dan ini akan menjadi cerita original.... dia tadinya adalah orang normal yang tiba-tiba memiliki kekuatan super dan kemudian terseret ke dalam dunia baru yang sebelumnya tak dikenalnya". Namun karena ideologi China yang berbeda dengan AS, banyak netizen negeri tersebut mempertanyakan kesanggupan Russo bersaudara. Blogger-blogger di Sina Weibo pun meragukan apakah kedua sutradara tersebut mampu memahami nilai-nilai sosialis yang akan dibawakan di film ini.

"Captain China" Hanya Julukan

Walaupun sudah banyak beredar dan ramai dibicarakan, nama "Captain China" yang sudah disebut-sebut di atas hanya akan menjadi julukan sementara untuk menggambarkan sosok superhero yang serupa dengan Captain America tersebut. Perwakilan Fangjin Media, Su Zhenping telah mengkonfirmasi bahwa tokoh superhero di film ini tak akan bernama "Captain China", walaupun nantinya film ini bakal dibuat mirip dengan format trilogi Captain America.

Galuh Mustika

Penggemar film Barat yang doyan nonton segala genre, terutama petualangan dan fantasi. Pengagum karya-karya David Fincher, Christopher Nolan, Guillermo Del Toro, Steven Spielberg, dan Bong Joon-ho. Secara tak terduga juga suka perhatian sama drama dan film Korea. Hasilnya? Still try finding the best of both worlds.

Lihat profil selengkapnya






Berita Lain
Review Film




Artikel Popular