Film Tom Cruise, Dari Yang Terburuk Hingga Terbaik

Anna Muttaqien View: 558

Tak bisa dipungkiri kalau Tom Cruise termasuk salah satu aktor terbaik jaman ini. Ia telah membintangi bermacam ragam film, mulai dari drama hingga action, menunjukkan kemampuannya aktingnya yang mumpuni dan totalitas yang patut dikagumi. Namun, sebagaimana bisa dilihat dalam rilisan terbarunya, The Mummy, tak semua film Tom Cruise disambut baik oleh movie-goers.

Nah, bagi Anda yang sedang mencari film Tom Cruise berikutnya untuk "disantap" setelah The Mummy, daftar film terburuk hingga terbaik yang disusun oleh Adam Chitwood dari Collider ini bisa jadi panduan.

 

38. Lions for Lambs (2007)

Drama besutan Robert Redford ini dianggap sebagai film Tom Cruise terburuk...bukan karena salah akting sang mantan suami Katie Holmes, tetapi gegara naskah yang buruk diolah dengan keliru pula oleh Redford.

 

37. Legend (1985)

Jarang yang ingat kalau Tom Cruise pernah membintangi sebuah film bertema dark fantasy berjudul Legend. Selain tahun rilisnya sudah jadul, juga karena film arahan Ridley Scott ini termasuk film gagal di box office. Rotten Tomatoes pun melemparinya dengan skor 48%.

Legend 

 

36. Mission: Impossible II (2000)

Seri franchise Mission Impossible itu secara umum hit and miss. Dan kebetulan, Mission Impossible II termasuk yang paling miss diantara film - film Tom Cruise lainnya yang bergenre action.

 

35. Taps (1981)

Taps menceritakan tentang siswa-siswa sebuah sekolah militer yang mengambil alih sekolah dengan senjata menjelang ditutupnya sekolah tersebut. Dengan premise yang canggung itu, tak heran bila penonton pun merasa jengah.

 

34. Rock of Ages (2012)

Film yang semestinya bergenre komedi musikal ini dianggap gagal, lagi-lagi bukan karena salah akting Tom Cruise, melainkan akibat terlalu banyak porsi autotune.

 

33. The Mummy (2017)

Menggarisbawahi betapa jeleknya The Mummy di mata movie-goers negeri Paman Sam, film Tom Cruise terbaru ini nangkring di peringkat 33 dari 38. Kali ini, kritikus menjatuhkan sebagian kesalahan pada akting Tom yang dianggap kaku, bukan cuma pada tim produksinya saja.

 

32. Oblivion (2013)

Totalitas akting Tom dalam film sci-fi Oblivion diakui luas. Namun, sutradara Joseph Kosinski disebut-sebut gagal merangkai dan mengeksekusi cerita, sehingga menghasilkan sebuah film yang membosankan.

 

31. Cocktail (1988)

Dalam Cocktail, aktor bernama lengkap Thomas Cruise Mapother IV ini berperan sebagai bartender. Di era tahun 80an, ceritanya mungkin dianggap keren, tetapi ditonton lagi jaman sekarang menjadi kurang menarik.

Cocktail

 

30. Jack Reacher: Never Go Back (2016)

Film Jack Reacher: Never Go Back sebenarnya tidak buruk, tetapi dibandingkan dengan seri lain dari franchise yang sama, aksi dan cerita dianggap terlalu flat.

 

29. Valkyrie (2008)

Sepertinya, sudah menjadi kewajiban bagi setiap aktor pentolan Hollywood untuk membintangi sebuah film thriller berlatar Perang Dunia II; tak terkecuali bagi Tom Cruise. Sayangnya, Valkyrie mengangkat cerita upaya pembunuhan atas Hitler yang semua orang tahu ujung-ujungnya gagal. Ibarat kutukan, film ini pun mendapati akhir yang sama buruknya.

 

28. Days of Thunder (1990)

Tom Cruise di balapan NASCAR. Semestinya bisa jadi premise yang keren, apalagi film ini juga dibintangi oleh Nicole Kidman dan Robert Duvall. Tapi, kritikus tak kompak memberi pujian.

 

27. The Color of Money (1986)

Sutradara Martin Scorsese, plus Tom Cruise dan Paul Newman. Kalau hanya mendengar nama-namanya, maka film ini semestinya jadi hits. Tapi realitanya, The Color of Money banyak dianggap sebagai salah satu film terburuk Scorsese, dan demikian pula bagi Cruise.

 

26. All the Right Moves (1983)

Film drama olahraga ini sebenarnya tak buruk, hanya kurang berkesan karena terlalu mudah ditebak. Khas drama-drama lainnya yang menceritakan seorang siswa dengan latar belakang kurang beruntung, berjuang dalam olahraga kesukaannya.

 

25. Vanilla Sky (2001)

Judulnya aneh, demikian pula film-nya.

Vanilla Sky

 

24. Tropic Thunder (2008)

Film ini disebut-sebut sebagai salah satu pivot dalam karir Tom Cruise. Respon pada komedi satire besutan Ben Stiller ini pun tidak buruk, dengan skor 82% di Rotten Tomatoes.

 

23. The Firm (1993)

Dalam film adaptasi novel legal thriller tenar karya John Grisham ini, Tom ganti kostum dengan jas ala pengacara sukses. Hanya saja, 154 menit untuk sebuah film legal thriller? itu jelas terlalu lama. Meski demikian, The Firm termasuk film Tom Cruise paling sukses di box office; sekaligus menjadi film adaptasi novel Grisham paling laris hingga saat ini, mengungguli Pelican Brief.

 

22. The Outsiders (1983)

Film arahan sutradara Francis Coppola ini sempat jadi rebutan aktor-aktor muda Hollywood di masanya. Beruntung, Tom Cruise lolos casting dan menunjukkan bakatnya.

 

21. Mission: Impossible III

Yah, setidaknya, ada perbaikan dibanding Mission: Impossible II.

 

20. The Last Samurai (2003)

Meski dituduh "merampas" budaya Jepang, The Last Samurai merupakan film epik yang mengharu biru. Pun, ini salah satu film Tom Cruise paling dipuji kritikus hingga sekarang. Sayangnya, ia tidak (atau belum?) ambil lakon lagi di film dengan genre serupa.

 

19. Interview with the Vampire (1994)

Setelah kegagalan Legend, Tom nampaknya tak kapok bermain di film fantasi. Untungnya, duet Tom Cruise dan Kirsten Dunst dalam Interview with the Vampire mendapat aplaus dari banyak pihak.

 

18. Mission: Impossible - Ghost Protocol (2011)

Tayangan besutan sutradara Brad Bird ini dikenali sebagai seri franchise Mission Impossible dengan visual paling menantang dan mengagumkan di mata movie-goers. Khususnya adegan luar biasa di Burj Khalifa.

Mission Impossible Ghost Protocol

 

17. Jack Reacher (2012)

Premise Jack Reacher boleh dibilang klise di masa kini. Namun, akting Tom Cruise di sini sangat memikat bagi kritikus maupun movie-goers.

 

16. Far and Away (1992)

Far and Away boleh dibilang salah satu roman terbaik yang pernah dibintangi Tom Cruise. Chemistry-nya dengan Nicole Kidman bahkan bisa membuat kita lupa pada drama perceraian mereka berdua yang kita tahu terjadi beberapa tahun kemudian.

 

15. Knight and Day (2010)

Lagi-lagi, chemistry Tom Cruise dengan pasangan mainnya mendapat pujian; hanya saja kali ini bersama Cameron Diaz. Drama action-comedy ini juga menandai salah satu pivot karir Tom, dimana dia berbalik dari mencari peran-peran menantang ke fokus menghibur penonton sebaik-baiknya.

 

14. Rain Man (1988)

Rain Man menjadi satu-satunya film Tom Cruise yang meraih Best Picture di OSCAR, walaupun ia tak menjadi tokoh utamanya. Sebagai gantinya, pasangan mainnya, Dustin Hoffman, menyabet piala Best Actor keduanya.

 

13. Magnolia (1999)

Jika Anda mencari film Tom Cruise dimana ia menghadirkan akting terbaik, maka Magnolia wajib masuk dalam daftar watchlist.

 

12. Eyes Wide Shut (1999)

Film dengan rating dewasa ini menampilkan kemelut antara dua sejoli yang penuh dengan cemburu dan obsesi. Cukup menarik bagi Anda yang suka genre serupa.

 

11. Mission: Impossible (1996)

Film Mission: Impossible yang menghadirkan Tom sebagai Ethan Hunt untuk pertama kali, masih terbaik diantara seri lain dalam franchise yang sama, dengan pengecualian....

 

10. Mission: Impossible - Rogue Nation (2015)

Selain berkat kelihaian sutradara Christopher McQuarrie dan akting Tom Cruise, film ini juga banyak mendapat pujian berkat karakter femme fatale yang diperankan Rebecca Ferguson.

Mission Impossible Rogue Nation

 

9. Jerry Maguire (1996)

Akting Tom di film komedi romantis ini tak perlu ditanyakan lagi, 10/10. Setiap ekspresi dan ungkapannya menguatkan profil karakter menjadi makin nyata.

 

8. Minority Report (2002)

Minority Report merupakan kolaborasi pertama sutradara Steven Spielberg dengan Tom Cruise. Spielberg dan Cruise sudah menjadi nama besar di Hollywood saat pembuatannya, dan hasil dari kolaborasi tersebut adalah salah satu karya terbaik bagi keduanya.

 

7. Born on the Fourth of July (1989)

Born on the Fourth of July diadaptasi dari autobiografi seorang veteran Perang Vietnam bernama Ron Kovic, yang di dalam film diperankan oleh Tom. Hasilnya, film ini menghantarkan Tom pada nominasi OSCAR pertamanya.

 

6. Collateral (2004)

Tahukah Anda bahwa dalam deretan lebih dari tiga lusin film Tom Cruise, ia hanya satu kali memerankan tokoh antagonis? Ya, tepatnya dalam film thriller Collateral besutan Michael Mann ini.

 

5. Edge of Tomorrow (2014)

Dalam Edge of Tomorrow, Tom Cruise mencoba lagi karakter yang berbeda dari biasanya, yaitu seorang pengecut. Namun pada akhirnya kita bisa lihat bahwa sebagai pengecut sekalipun, Tom Cruise masih saja mampu menunjukkan performa luar biasa.

 

4. War of the Worlds (2005)

Film sci-fi ini merupakan kolaborasi Spielberg dan Cruise berikutnya, yang lagi-lagi meraih sukses di box office meski dibuat dengan anggaran seadanya.

 

3. Risky Business (1983)

Risky Business termasuk salah satu film Tom Cruise paling awal, tetapi menurut Collider, masih layak dapat nomor sebagai tontonan terbaik hingga saat ini.

 

2. Top Gun (1986)

Film dimana Tom memerankan sosok pilot elit ini meroket di box office dan diklaim sebagai pivot yang melesatkan nama Tom sebagai "Bintang Film" dengan B dan F besar.

 

1. A Few Good Men (1992)

Tak setuju dengan pendapat bahwa A Few Good Men adalah film Tom Cruise yang terbaik? Boleh jadi Anda tak sendiri. Namun, terlepas dari subjektivitas, tak dapat dipungkiri kalau ini film yang sangat menarik, terutama melihat duet akting Tom dengan Jack Nicholson.

Anna Muttaqien

Kontributor sekaligus editor di Sinemapedia. Hobi menulis, membaca, nonton, plus nggosip apa saja yang hubungannya dengan Asia dan Jepang. Mulai suka anime dan manga sejak tahun 90-an, berlanjut sampai sekarang.

Lihat profil selengkapnya






Artikel Lain
Review Film


Berita Popular


Review Pembaca
ahmad menulis "gimana cara agar saya bisa mendapatkan/menonton anime kuroko the last game? Tanggapan Admin Sinemapedia: Dua bulan lalu, full movie dapat disaksikan di jaringan bioskop CGV Blitz."
Di Review Film Kuroko No Basket: Last Game >>
Astri menulis "Sebagus apapun materi yg dipunya, penonton g bakal tau dimana bagusnya kalo editingnya berantakan. Ini nih masalah suicide squad yg paling parah. Sepanjang film kerasa banget ada bagian2 apik yg amat potensial."
Di Review Film Suicide Squad >>
Ahmad Zai menulis "Satu hal yang paling sukses dari wonder woman menurut sy adalah penokohan Diana. Dengan segala ketangguhan sekaligus kerapuhannya, dia sukses tampil sebagai sosok superhero yg likeable dan admirable."
Di Review Film Wonder Woman >>
Ahmad Zai menulis "Logan adalah a groundbreaking movie that raises the bar for the superhero genre. Acting-wise, tidak ada yg bisa diragukan dr performa hugh jackman, patrick stewart, pemeran caliban, sampai semua aktor anak2nya."
Di Review Film Logan >>