10 Artis Hollywood Ini Pernah Menolak Piala Oscar, Apa Alasannya?

Galuh Mustika View: 3011

Menjadi penghargaan tertinggi di dunia perfilman dunia tak lantas membuat Piala Oscar diidam-idamkan oleh semua artis Hollywood. Faktanya, ada beberapa tokoh yang justru menyepelekan anugerah terbaik di ajang Academy Awards itu. Siapa sajakah mereka? Mengapa para bintang tersebut tak menginginkan Piala Oscar?

1. Marlon Brando - Sedang Melangsungkan Boikot

 Marlon Brando Tolak Oscar

Kepiawaian akting Marlon Brando memang sudah tak diragukan lagi. Namun seiring dengan popularitas yang kian melejit, semakin banyak kontroversi yang meliputi karir aktor legendaris ini.

Melalui film The Godfather yang hingga kini masih menjadi salah satu sinema terbaik sepanjang masa, aktor pemeran Vito Corleone itu dipastikan menerima piala Best Actor, bahkan sebelum nama pemenangnya diumumkan. Bukannya hadir dan menerima penghargaan, Marlon Brando yang kala itu sedang giat memperjuangkan hak-hak suku Indian, justru memanfaatkan momen kemenangannya untuk memboikot Academy. Ia sengaja tidak datang dan justru diwakilkan oleh seorang wanita Indian bernama Sacheeen Littlefeather, yang maju ke panggung Academy untuk menerima Piala Oscar-nya.

2. Woody Allen - Meremehkan Oscar

Woody Allen Tolak Oscar

Figur perfilman satu ini memang sangat dikenal akan pandangannya yang meremehkan berbagai ajang penghargaan. Menurutnya, konsep penghargaan itu sendiri sebenarnya sangat konyol. "Saya tidak suka didikte oleh penilaian orang lain. Apabila saya menerima penghargaan dan mengakui kemenangan itu, maka nantinya saya juga harus rela menerima kritik orang lain terhadap film saya," demikian ungkapnya.

Alhasil, Woody Allen tak pernah menghadiri acara penghargaan sekalipun, bahkan ketika Annie Hall, film yang disutradarai, ditulis, sekaligus dibintanginya memenangkan 3 Piala. Allen cuma satu kali muncul di Academy Awards tahun 2002, ketika ia memperkenalkan film-film yang didedikasikan untuk tragedi 11 September.


3. Eminem - Kurang Percaya Diri

Eminem Tolak Oscar

Cerita Eminem sebenarnya sedikit unik karena ia bukannya menyepelekan Oscar atau sedang melakukan boikot. Rapper ternama ini justru tidak hadir karena kurang percaya diri.

Di tahun 2002, Eminem memang pernah membintangi dan menulis lagu soundtrack film semi biografinya, 8 Mile. Bakat sang bintang itupun diakui oleh Academy, terbukti dari masuknya salah satu OST 8 Mile, "Lose Yourself", di daftar nominasi Best Original Song.

Namun ketika lagu ciptaannya memenangkan penghargaan, Eminem justru sedang tidur di rumahnya. Dalam sebuah interview, Eminem akhirnya mengungkapkan bahwa ia sengaja tidak datang dan tampil di panggung Academy Awards karena merasa yakin Bono akan mengalahkannya. Kala itu, "Lose Yourself" memang bersaing ketat dengan karya Bono, "The Hands That Built America" yang menjadi OST Gangs of New York.


4. Paul Newman - Terlanjur Sakit Hati

Paul Newman Tolak Oscar

Paul Newman adalah contoh aktor yang menolak Piala Oscar karena terlanjur sakit hati. Newman baru diakui sebagai juara lewat film The Color of Money, setelah 6 kali gagal menyabet piala dari nominasi-nominasi sebelumnya. Itulah mengapa, aktor tersebut menganggap kemenangannya seperti nasi yang sudah menjadi bubur.

Dalam wawancaranya dengan Associated Press, Paul Newman berkata, "(Mengincar Piala Oscar) rasanya seperti mengejar cewek cantik selama 80 tahun lamanya. Ketika gayung akhirnya mulai bersambut, yang tersisa hanyalah rasa lelah."


5. Roman Polanski - Jadi Buronan

Roman Polanski Tolak Oscar

Kasus Roman Polanski bisa dikatakan lebih serius dibandingkan artis-artis Hollywood sebelumnya. Tokoh sutradara ini memenangkan Best Director untuk The Pianist, tapi terpaksa diwakilkan oleh Harrison Ford karena ia sedang menjadi buronan di Amerika Serikat.

Sebagai informasi, Polanski yang diketahui menjadi salah satu korban selamat dari kekejaman era Holocaust ini sebelumnya dinyatakan bersalah dalam kasus pemerkosaan gadis di bawah umur. Demi menghindari hukuman, ia pun kabur ke Eropa dan belum bisa kembali ke tanah AS hingga kini.


6. Stanley Kubrick - Sedang Berada Di Mars?

Stanley Kubrick Tolak Oscar

Nama Stanley Kubrick telah melegenda di dunia perfilman berkat karya-karyanya yang unik dan tak lekang oleh waktu. Namun sayangnya, sutradara ini tak pernah sekalipun memenangkan Piala Oscar untuk Best Director. Justru di tahun 1969, film Kubrick yang berjudul 2001: A Space Odyssey mendapat penghargaan Best Visual Effect.

Entah karena alasan apa, sang sutradara tak datang dan ia diwakilkan oleh Diahann Carroll serta Burt Lancaster. Sambil bercanda, keduanya mengatakan bahwa Stanley Kubrick tak bisa datang karena sedang menjelajahi Mars, yang "direncanakan" bakal menjadi lokasi syuting untuk sekuel 2001: A Space Odyssey.

 

7. Will Smith - Protes Karena Merasa Didiskriminasi

Will Smith Tolak Oscar

Alasan Will Smith sebenarnya tak jauh berbeda dengan Marlon Brando. Aksi artis Hollywood yang membintangi Suicide Squad itu mungkin masih segar di ingatan media, karena baru terjadi tahun lalu. Will Smith menolak datang di Academy Awards setelah mengetahui tak ada satupun bintang kulit hitam yang masuk daftar nominasi. Padahal di saat itu, ia termasuk salah satu aktor yang diperhitungkan berkat performanya di film Concussion.

Menariknya, ini bukanlah pertama kalinya Will Smith melangsungkan aksi boikot di suatu acara penghargaan. Di tahun 1989, ia sempat menghebohkan media setelah getol memprotes Grammy yang tidak menayangkan momen penghargaan untuk kategori Best Rap Performance.

 

>> Sebagai figur perfilman yang juga terkenal akan penampilannya, busana Will Smith sering menjadi sorotan publik. Dapatkan style artis Hollywood seperti Will Smith di sini.

 

8. Terrence Malick - Dikhianati Produser

Terrence Malick Tolak Oscar

Sutradara kondang ini memang sudah lama dikenal karena prinsipnya yang mirip Woody Allen. Salah satu kisah Oscar paling terkenal darinya muncul setelah ia menyutradarai film The Thin Red Line.

Di tahun 1999, Terrence Malick menolak untuk menghadiri acara Oscar karena produser film The Thin Red Line juga hadir di sana. Usut punya usut, Malick rupanya masih jengkel dengan pihak produser yang membeberkan kisah perseteruan mereka di Vanity Fair. Bukan hanya melukai nama baik Terrence Malick, pengakuan tersebut telah melanggar perjanjian kontrak yang ditandatangani kedua belah pihak.


9. Michael Caine - Sibuk Syuting Film

Michael Caine Tolak Oscar

Sekilas, alasan ini bisa dimaklumi. Seorang aktor seharusnya memang terus aktif terlibat dalam proyek film agar tidak jadi pengangguran. Tapi kasus Michael Caine ini bisa dibilang ironis, karena ia mengorbankan momen kemenangannya di Oscar demi melakoni syuting Jaws: The Revenge, film thriller yang kemudian gagal total dan mendapat rating 0% dari Rotten Tomatoes.


10. Alice Brady - Kecolongan

Alice Brady Tolak Oscar

Malang benar nasib aktris yang bersinar di era 1930-an ini. Karena tak menunjuk perwakilan untuk menggantikannya yang sedang berhalangan hadir, seorang pria asing menerima Piala Oscar-nya dan kemudian menghilang tanpa jejak. Hingga saat ini, identitas dan keberadaan sang pria misterius tak diketahui, begitu pula dengan Piala Oscar Alice Brady yang dicuri. Untungnya, pihak Academy bersedia membuat satu Piala lagi untuk diberikan pada sang aktris.

Jika ditelusuri lagi, tidak semua artis Hollywood di atas terang-terangan menolak penghargaan Oscar. Sebagian dari mereka sekedar tidak datang, sebagian justru terpaksa merelakan momen kemenangan karena keadaan yang tak memungkinkan. Apapun alasan unik di balik kisah mereka, Piala Oscar nyatanya masih menjadi standard tertinggi di dunia perfilman hingga kini. Bahkan Leonardo DiCaprio yang sudah berkali-kali dikecewakan pun, tampak sangat bersyukur ketika ia akhirnya meraih Piala Oscar di tahun 2016.


Galuh Mustika

Penggemar film Barat yang doyan nonton segala genre, terutama petualangan dan fantasi. Pengagum karya-karya David Fincher, Christopher Nolan, Guillermo Del Toro, Steven Spielberg, dan Bong Joon-ho. Secara tak terduga juga suka perhatian sama drama dan film Korea. Hasilnya? Still try finding the best of both worlds.

Lihat profil selengkapnya






Artikel Lain
Review Film




Berita Popular




Review Pembaca
ivan menulis "."
Di Review Film HIGH & LOW THE MOVIE 3: Final Mission >>
kevin menulis "ini di indo perkiraan masuk kapan ya "
Di Review Film HIGH & LOW THE MOVIE 3: Final Mission >>
Jakli Blythe menulis "katnya bluraynya mau keluar bulan februari lah sekaranh udah maret masih blom kluar juga hadeh"
Di Review Film HIGH & LOW THE MOVIE 2: End Of Sky >>
Dimas yosua cahyo menulis "Gimana yaa cara nonton high & low yg ini,,  saya penasaran sama kelanjutan film nyaa,,  tolong kasih link plis"
Di Review Film HIGH & LOW THE MOVIE 2: End Of Sky >>